Budpar Sumbar Gebyarkan TdS dengan Fun Bike


Padang- Ratusan orang tumpah ruah mengikuti fun bike yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sumbar. Kegiatan dalam rangka gebyar jelang Tour de Singkarak (TdS) 2013 itu dilepas Wakil Gubernur Sumbar, H. Muslim Kasim di garis start, Taman Budaya Sumbar, Minggu (19/5).



"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini semakin memeriahkan Tour de Singkarak yang tahun ini merupakan kelima kalinya digelar. Semoga, TdS bisa naik peringkat dari sebelumnya kita sudah masuk lima besar," harap Wagub yang turut bersepeda bersama para bikers lainnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Budpar Sumbar, H. Burhasman. Ia menyebutkan, fun bike digelar dalam rangka gebyar TdS, sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap olahraga bersepeda. "Olahraga bersepeda dapat dilakukan siapa saja. Bisa membuat kita sehat. Jika sehat, maka kita bisa bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan," katanya.

Selain itu, dengan bersepeda bisa mengurangi emisi karbon yang menyebabkan pemanasan global. "Jadi banyak efek positifnya, makanya kita gebyarkan terutama jelang Tour de Singkarak ini," ulasnya.

TdS
Sementara terkait TdS, Burhasman membeberkan, persiapan berbagai infrastruktur terus dirampungkan. Beberapa titik etape diakuinya akan selesai pada H-3 jelang dimulainya star di etape tersebut.Hal itu dilakukan demi menghindari kerusakan jalan akibat truk bermuatan besar melewati jalan-jalan itu. "Kalau sekarang dirampungkan dikhawatirkan nanti pas dilewati pebalap, jalannya sudah rusak akibat dilintasi truk, makanya kami perkirakan H-3 sudah dapat dirampungkan," sebutnya.

Kota Bukittinggi sebagai pembuka start etape pertama disampaikannya juga terus merampungkan berbagai persiapan malam pembukaan TdS. Diharapkan memang lebih gebyar dibandingkan pembukaan TdS di empat tahun gelaran sebelumnya. "Mereka menyatakan sudah siap, bahkan nanti pada malam 1 Juni tersebut akan ada pesta kembang api," beber mantan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar itu.

Tahun ini, Dinas Budpar Sumbar menurutnya menggelontorkan dana sebesar Rp2,9 miliar untuk pelaksanaan TdS. Dana ini masih belum termasuk pembiayaan infrastruktur yang dikucurkan Dinas Prasjal Tarkim Sumbar yang diperkirakannya mencapai Rp50 miliar. "Dana itu belum termasuk dana dari kabupaten/kota dan pusat," tegas Burhasman.

Ke depan, selain berharap naik peringkat TdS dapat menyambangi seluruh kab/kota di Sumbar. Tahun ini, penyelenggaraannya masih minus Kabupaten Pasaman Barat. "Dengan TdS, semua potensi wisata kita dapat terekspose, makanya tahun depan kita harapkan semuanya sudah masuk etape," pungkasnya. (104)

*Pernah dimuat di Harian Singgalang Senin, 20 Mei 2013

Postingan populer dari blog ini

Abak, Emaknya dan Agresi Belanda II

Iseng Berbuah Manis

Ketika Hari Ultah Itu Belum Tiba