Wapres akan Hadiri Penutupan TdS Kelima

Singkarak, Singgalang
Penutupan iven balap sepeda Tour de Singkarak 2013, 9 Juni mendatang di Padang direncanakan akan dihadiri Wakil Presiden RI, Boediono. Wapres sudah menyatakan kesanggupan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Marie Elka Pangestu. 
 
"Tadi ada rapim (rapat pimpinan) ibu menteri bersama eselon satu dan di sana terungkap bahwa Pak Wapres sudah menyatakan kesanggupannya hadir pada hari penutupan 9 Juni mendatang," kata Penanggungjawab Lapangan TdS 2013 yang juga Kasubdit Promosi Wilayah I Kemenkraf RI, Raseno Arya kepada wartawan di sela-sela survei akhir rute TdS 2013 kemarin. 
 
Rencana kesediaan wapres menutup iven yang melibatkan pebalap dari 26 negara ini menurut Raseno menunjukkan orang kedua RI itu memberikan perhatian terhadap kegiatan ini. "Itu tandanya, wapres memberikan perhatian luas," sebut Nonon, sapaan akrab pria asal Kota Padang ini.
Menteri sendiri menurutnya akan datang dan menyambangi beberapa daerah yang dilalui para pebalap. Diantaranya pada 8 Juni menuju Painan dan pada 10 Juni akan menghadiri acara dari Dirjen Destinasi di Sawahlunto.
 
Sementara survei dihari kedua kemarin dilakukan sekaligus untuk dua etape,yakni etape kedua yang star di Payakumbuh dan finisi di Dermaga Danau Singkarak dan etape ketiga, Padang Panjang-Tanah Datar. Etape dua yang menempuh jarak sekitar 124 km ini juga melintasi Kelok 9 nan indah. Tim survei kemarin menyempatkan diri mengabadikan diri dengan latar belakang jembatan Kelok 9 yang terlihat menawan. Hanya saja beberapa titik di sekitar kelok ini masih banyak yang rusak. Tim Dinas Prasjal Tarkim memastikan akan dapat menyelesaikan dalam minggu ini.
 
Mountain of challange
Sedangkan etape tiga yang star di Padang Panjang dan finis di Tanah Datar merupakan etape dengan jarak terpanjang yakni 204 km dan penuh tantangan. Rute ini melintasi Kelok 44 yang terkenal dengan kelokan dan tanjakannya yang tajam dan sangat menantang (mountain of challange).
Kelok 44 diperkirakan tetap menjadi favorit bagi para pebalap, terutama bagi yang berharap gelar king of mountain.

Raseno kemarin tetap berpesan agar pemasangan baliho dan umbul-umbul memeriahkan TdS di tahun kelima ini segera dipasang di jalan-jalan yang akan dilalui pebalap. Supaya masyarakat bisa tahu, iven akan segera dimulai. Untuk kabupaten/kota penyelenggara kembali diingatkan pula agar mereka menyelesaikan titik jalan yang menjadi tanggungjawab mereka. "Kalau jalan provinsi dan nasional sudah dijamin Dinas Prasjal Tarkim Sumbar. Mereka sudah berpengalaman, makanya kami perkirakan dapat selesai minggu ini," pungkasnya. (104)
 
Pernah dimuat di Harian Singgalang
 

Postingan populer dari blog ini

Abak, Emaknya dan Agresi Belanda II

Iseng Berbuah Manis

Ketika Hari Ultah Itu Belum Tiba